Minggu, 30 Mei 2010

Gangguan Gagap

4. Solusi lain selain Hypnoterapi

Cukup 1x sesi terapi gagap 4-5.5 jam diperlukan 3 langkah tuntas termasuk terapi wicara dengan memberikan pelatihan therapeutic public speaking. Langkah sukses dengan terapi holistik untuk gagap dapat dilakukan cukup dengan 1x sesi terapi, yaitu: (a) Dihilangkan trauma, rasa takut, dan cemas gagapnya secara hardware dan software ( hypnotherapy, nerve facial massage, timeline therapy, part therapy, anchored therapy, gestalt therapy, chair therapy, fast phobia cure, swish pattern therapy, submodality therapy, dll. (b) Diberikan teknik berbicara atau terapi wajah, yaitu voice mechanic, vocal training, voice breathing, mental rehearsal, unconscious fast learning, voice rhytm and tonality, metronomic voice speech, difficult wording training, dll. (c) Latihan berbicara, yaitu melatih hal-hal tersebut diatas dengen metode accelerated learning selama sekitar 1-2 jam.

Jika dengan teknik hipnoterapi saja, gangguan gagap belum bisa di sembuhkan secara tuntas. Dalam ilmu hypnotherapy, ada istilah yang disebut dengan critical factor, yaitu ketidaksinkronan antara otak sadar dan otak bawah sadar. Critical Factor ini banyak disebutkan oleh Dr. Milton H. Ericksson bapak psikoterapi dan hipnoterapi. Bila critical factor ini terjadi, hipnoterapi tidak akan sukses. Sangat sulit bagi seorang pasien, untuk mencapai somnambolism ( very deep trance) sehingga cukup 1x terapi dan sembuh.

Contoh critical factor dalam Gagap secara sederhana, walaupun beberapa kali di hipnoterapi biasanya 3-6x sesi untuk standart hipnoterapi): ”Anda mulai sekarang semakin percaya diri dalam berbicara....dst....dst”. Ini adalah potongan hypnotherapy script untuk penderita gagap, yaitu sugesti yang masuk ke otak bawah sadar. Tetapi sebagian otak bawah sadar dan otak sadarnya menolak, mungkin seperti ini, ”Ah, mana mungkin aku sembuh, tadi saja sebelum terapi saya masih gagap berat, mana mungkin dalam sekejap sembuh. Saya tidak yakin sembuh gagap, bicara saya selama puluhan tahun ini sudah sulit ”.

Kita dapat membayangkan pikiran bawah sadar mungkin mengatakan sembuh dari gagap, tetapi pikiran sadarnya masih mengatakan tidak yakin sembuh. Disinilah terjadi ketidaksinkronan di antara keduanya, tentu saja penderita gagap menjadi tidak sembuh. Jadi, tidak cukup hanya dengan hipnoterap saja, tetapi dengan holistic therapy dengan 3 langkah seperti yang telah disebutkan diatas, kesembuhan secara signifikan dapat dicapai hanya dengan 1x terapi.



Sumber:

Wikipedia.com

Organisasi.org komunitas & kepustakaan nasional

Hipno-bicara.blogspot.com


1 komentar: