Minggu, 30 Mei 2010

Gangguan Gagap

3. Teknik Penyembuhan Orang Gagap
Gagap dapat disembuhkan dengan hipnoterapi atau hypnotherapy, masalah gagap banyak ditemui di banyak negara, termasuk di negara kita ini. Ada 2 macam bentuk gagap, yaitu stammering atau sulit berbicara dan stuttering atau sulit mengeluarkan kata-kata tertentu. Gangguan gagap ternyata berawal dari ketakutan dan trauma masa lalu yang membekas sampai hari ini. Intake interview harus dilakukan cukup hati-hati dan sangat empati agar tidak menambah stress pasien. Pada tahap sederhana, seseorang hanyalah tidak percaya diri dalam berbicara public speaking dan pada tingkat yang parah sampai stammering atau stuttering.
Orang gagap juga termasuk trauma public speaking biasanya sangat menderita, apalagi kalau orang ini berada di sebuah kantor dalam keadaan rapat, mengeluarkan pendapat, menghadap pimpinan, dll. Adrenalin selalu terpacu, fight and flight response muncul secara intensif. Dipastikan karirnya sangat sulit berkembang dan nasibnya sudah di duga akan jatuh. Terapi yang sudah cukup berhasil untuk mengobati gagap, yaitu selain self labeling ( belief system ) yang diubah, trauma healing juga diajarkan instant relaxation dimanapun penderita berada disertai dengan anchor positif.
Pada stammering dan suttering yang parah, mutlak harus di tambah dengan facial message tertentu secara bertahap dan diberi pekerjaan rumah dalam hal berbicara sampai level tertentu. Dengan menggunakan terapi facial massage, secara hardware saraf-saraf di wajah yang menjalankan fungsi berbicara biasanya sangat kaku, sehingga perintah bicara dari otaknya tidak dapat dengan sempurna dilaksanakan oleh organ-organ alat bicara.


Sumber:
Wikipedia.com
Organisasi.org komunitas & kepustakaan nasional
Hipno-bicara.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar