Minggu, 30 Mei 2010

Gangguan Gagap

  1. Definisi

Gagap adalah suatu gangguan bicara dimana bicara terganggu, tanpa disadari oleh pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, atau frasa serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Umumnya gagap bukan disebabkan oleh proses produksi suara atau proses penerjemahan pikiran menjadi kata. Gagap juga tak berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang, di luar kegagapannya orang gagap umumnya normal. Gangguan ini juga bersifat bahwa situasi tertentu sepeti melalui telepon, tingkat kegagapan dapat meningkat atau menurun. Penyebab utama gagap tidak diketahui, factor genetik dan neurofisiologi berperan atas timbulnya gangguan ini.

  1. Efek gagap

Efek gagap secara fisik mungkin tidak begitu berpengaruuh, namun secara psikologis orang gagap biasanya minder dan malu karena memiliki kekurangan dalam hal berbicara di depan umum. Orang gagap mungkin akan menjadi pendiam dan hanya bicara ke orang-orang yang dekat saja. Rasa tidak percaya diri selalu ada terus-menerus dan mungkin ada rasa putus asa jika penderita gagap dikucilkan dan selalu di cemoohkan oleh orang yang berada di sekitarnya. Untuk mengobati gagap diperlukan tekad, kerja keras serta dukungan dari orang-orang dekat.

Penderita harus dibantu untuk melatih kegagapannya hingga sembuh dengan menggunakan metode-metode yang mungkin ada. Untuk mengatasi efek psikis, diperlukan bimbingan konseling atau psikolog. Banyak teknik bicara yang dapat meningkatkan kefasihan bicara pada beberapa orang. Salah satu teknik terbaru dalam penyembuhan ini adalah dengan pijat saraf bicara di sekitar wajah, mulut dan leher seseorang yang gagap. Seorang yang gagap mempunyai kecenderungan untuk tidak berbicara dalam kesehariannya.

Hal ini menyebabkan otot dan saraf bicaranya menjadi kaku, sehingga mulut menjadi sulit digerakkan. Setelah otot dan saraf gagap lentur karena dipijat, barulah penderita diberikan terap bicara sesuai dengan usianya. Tentu saja terapi bicara bagi anak, berbeda dengan terapi bicara anak-anak. Bagi seseorang yang menderita gagap karena genetika, disarankan untuk selalu memijat saraf setiap hari.



Sumber:

Wikipedia.com

Organisasi.org komunitas & kepustakaan nasional

Hipno-bicara.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar