Selasa, 16 Maret 2010

Kriteria Tradisional Untuk Retardasi Mental

Skor tes Intelegensi. Mereka yang memiliki skor di bawah 70 hingga 75, dua deviasi standar di bawah rata-rata populasi, memenuhi criteria “fungsi intelektual umum secara signifikan di bawah rata-rata. Penentuan IQ harus didasarkan pada berbagai tes yang diberikan kepada seseorang oleh seorang professional yang kompeten dan terlatih dengan baik. Interpretasi skor harus mempertimbangkan keterbatasan budaya, bahasa, dan penginderaan atau motorik yang dapat mempengaruhi performa.
a. Fungsi Adaptif. Merujuk pada penguasaan keterampilan masa kanak-kanak seperti menggunakan toilet dan berpakaian, memahami konsep waktu dan uang, mampu menggunakan peralatan, berbelanja, dan melakukan perjalanan dengan transportasi umum, dan mengembangkan responsivitas sosial. Tes yang paling terkenal adalah Adaptive Behavior Scale, atau ABS ( Nihira dkk., 1975 ), dan Vineland Adaptive Behavior Scales ( Sparrow, Ballo, & Cicchetti, 1984 ).
b. Usia Onset. Kriteria dalam definisi retardasi mental adalah gangguan ini terjadi sebelum usia 18 tahun, mencegah mengklasifikasikan kelemahan inteligensi dan perilaku adaptif yang disebabkan oleh cedera atau sakit yang terjadi dalam hidup sebagai retardasi mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar