Minggu, 04 April 2010

gangguan belajar ( Kkomplikasi dan UJI diagnostik )

Komplikasi
- Defisit keterampilan sosial
- Harga diri rendah
- Masalah-masalh emosional dan perilaku ( mis, gangguan tingkah laku, depresi )
- Defisit perhatian atau hiperaktivitas.
Uji diagnostik dan laboratorium
Semakin berat disabilitas belajar,semakin dini disabilitas terdeteksi.
a. Uji inteligensi yang sensitif terhadap latar belakang etnik dan kultural anak ( Wechsler Intelligence Scale for Children – Third edition, Woocock-Johnson Psycho – Educational Battery – Revised Test of Cognotive Abbility )
b. Tes fungsi bahasa dan memori ( Test of Awareness of Language Segments, Rapid Automatized Naming Test )
c. Pengukuran keterampilan persesi visual ( Bender Visual Motor Gestalt Test, Goodenought – Harris Drawing Test )
d. Tes membaca baku ( Standford Diagnostic Reading Tes, Gray Oral Reading Test – Revised )
e. Tes matematika baku ( Key Math – Revised )
f. Tes ekspresi tertulis baku ( Test of Written Spelling – Second Edition )
g. Observasi ruang kelas dan pengkajian perilaku


Referensi:
Cecilly lynn Betz & A, Sowden. Buku saku keperawatan pediatri ed 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar