Minggu, 04 April 2010

Disabilitas Belajar menurut DSM-IV

Disabilitas belajar, menurut DSM-IV
A. Gangguan membaca
• Pencapaian membaca yang diukur secara individual melalui tes keakuratan membaca atau pemahaman yang baku, secara subtansial berada di bawah nilai yang diharapkan sesuai usia kronologis seseorang, pengukuran inteligensi, dan pendidikan sesuai usia.
• Gangguan pada kriteria di atas secara signifikan mempengaruhi pencapaian akademik atau aktivitas kehidupan sehari-hari yang memerlukan keterampilan membaca.
• Jika terjadi defisit sensori, kesulitan membaca berada di luar yang biasanya berkaitan dengan hal-hal tersebut.
B. Gangguan matematika
• Kemampuan matematika yang diukur secara individual melalui tes yang baku, secara subtansial berada di bawah nilai yang diharapkan sesuai usia kronologis seseorang, pengukuran inteligensi, dan pendidikan sesuai usia.
• Gangguan pada kriteria di atas secara signifikan mempengaruhi pencapaian akademik atau aktivitas kehidupan sehari-hari yang memerlukan kemampuan matematika.
• Jika terjadi defisit sensori, kesulitan dalam kemampuan matematika berada di luar yang biasanya berkaitan dengan hal tersebut.
C. Gangguan ekspresi tertulis
* Kemampuan menulis yang diukur secara individual melalui tes baku ( pengkajian fungsional keterampilan menulis ), secara subtansial berada di bawah nilai yang diharapkan sesuai usia kronologis, pengukuran inteligensi, dan pendidikan sesuai usia.
* Gangguan pada kriteria di atas secara signifikan mempengaruhi pencapaian akademik atau aktivitas kehidupan sehari-hari yang memerlukan komposisi teks tertulis ( misal, secara gramatikal menulis kalimat dengan benar dan mengatur paragraf ).
* Jika terdapat defisit sensori, kesulitan dalam menulis berada di luar yang biasanya berkaitan dengan hal tersebut.
D. Gangguan belajar yang tidak dapat digolongkan lainnya
Tidak ada kriteria spesifik untuk bentuk belajar disabilitas belajar ini. Kesulitan pelajar dalam pencapaian akademik berkaitan dengan masalah-masalah belajar pada tiga area pencapaian: membaca, menulis, dan ekspresi tertulis.

Dari American Psychiatric Association: Diagnostic And statistical manual of mental disorders, ed 4, text revision ( DSM-IV-TR ), Washington, DC, 2000, The Association.

Referensi:

Cecilly lynn Betz & A, Sowden. Buku saku keperawatan pediatri ed 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar