Minggu, 22 November 2009

KENAKALAN REMAJA

Kenakalan merupakan suatu fenomena yang di anggap wajar pada saai ini.Karena tindakan tersebut merupakan cerminan diri individu seorang remaja.Masalah kenakalan remaja semakinn hari semakin meresahkan masyarakat dan teklah menjurus pada tindakan yang bersifat kriminal. Mengapa kenakalan remaja bisa terjadi? Pada masa remaja,emosi seseorang masih labil,belum memiliki pegangan dan dalam proses mencari jati diri. Seorang remaja sedang mengalami masa pembentukan kepribadian.Untuk itu perlu adanya perhatian yang lebih dari orang tua agar si anak tidak terjerumus pada hal-hal yang dapat merugikan masa depannya.

Kenakalan remaja pada umumnya ditandai oleh dua cirri,yaitu:
1. Adanya keinginan untuk melawan,seperti dalam bentuk radikalisme.
2. Adanya sikap apatis yang biasanya disertai dengan rasa kecewa terhadap kondisi masyarakat.


FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB:
Bentuk kenakalan remaja antara lain,pemerasan,perampokan,pencurian,penggunaan narkoba (seperti ganja dan putau).Dari beberapa penelitian,diperoleh kenyataan bahwa remaja yang terlibat dalam kenakalan bukan hanya datang dari golongan bawah saja tetapi dari golongan mampu.Hal ini dikarenakan bahwa seorang remaja kurang memiliki rasa cinta dan kasih sayang dari kedua orang tuanya yang sibuk bekerja
Kemiskinan bukan satu-satunya penyebab seorang remaja terjerumus dalam perilaku menyimpang.Faktor lain yang juga mendukung adalah adanya perkumpulan pemuda atau gank,serta pengaruh dari film atau bacaan porno.Tingkat umur para pelaku kejahatan remaja ini pun beragam,mulai dari yang masih duduk di bangku sekolah dasar sampai ke tingkat perguruan tinggi.
Oleh karena itu,diharapkan para orang tua agar mampu mendidik serta mampu mengarahkan anak-anak mereka untuk menjadi yang lebih baik.Dengan cara pemberian perhatian dan kasih sayang terhadapnya.Jangan sampai para oran tua menjadi dilemma karena hal ini,Anak adalah cermina orang tua,oleh karena itu orang tua tidak boleh salah melangkah dalam menanggulangi masalah ini.Jagalah anak dengan iman dan takwa yang kuat.Agal kelak nanti ia bisa meneruskan semua cita-citanya.Mental dan kepribadian seorang remaja juga akan menjadi sehat karena pengaruh kasih sayang dari kedua orang tua.



Referensi:
Susanto,Phil.Astrid S.1999.Pengantar Sosiologi dan perubahan sosial.Jakarta:Putra A.Bardin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar