Jumat, 08 Oktober 2010

teori kelompok

PENGERTIAN KELOMPOK

  1. Interaksi interpersonal

Sejumlah individu yang berinteraksi secara terbuka dengan individu lain dimana pola interaksi tersebut ditentukan oleh struktur system tersebut ( Bonner, 1959, Stogdill, 1959 ).

  1. Persepsi keanggotaan
  1. Kelompok sosial adalah satu unit yang terdiri dari sejumlah organisme yang mempunyai persepsi kolekif tentang kesatuan mereka dan mempunyai kemampuan untuk berbuat dan bertingkah laku dengan cara yang sama terhadap lingkungan ( Smith, 1945 ).
  2. Kelompok kecil adalah sejumlah orang yang berinteraksi secara langsung dimana masing-masing anggota menerima persepsi dan impresi pertama dengan yang lain dan memberi reaksi satu dengan yang lain ( Bales, 1950 ).
  1. Kesalingketergantungan
  1. Konsep tentang kelompok sebagai satu dinamika harus memasuki definisi tentang kesalingketergantungan anggota ( Lewin, 1951 ).
  2. Kelompok adalah sekumpulan individu yang memiliki takdir bersama dimana jika satu kejadian mempengaruhi seseorang dalam kelompok maka anggota lain akan terpengaruh ( Friedler, 1967 ).
  3. Kelompok adalah sekumpulan individu yang mempunyai hubungan antar anggota satu dengan yang lain yang membuat mereka saling bergantung dalam tingkatan tertentu ( Cartwright & Zender, 1968 ).
  1. Tujuan
  1. Kelompok adalah satu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama atau melakukan kontak untuk mencapai satu tujuan dan yang mempertimbangkan kerjasama di antara kelompok sebagai satu yang berarti ( Mills, 1967 ).
  2. Seseorang masuk ke dalam kelompok untuk mencapai tujuan kelompok tersebut ( Freedman, 1936 ).
  1. Motivasi
  1. Kelompok adalah sekumpulan organisme yang saling berhubungan satu dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan tiap anggota ( Cattel, 1951 ).
  2. Kelompok adalah sekumpulan individu dimana keberadaannya sebagai kelompok menjadi reward ( Bass, 1960 ).
  1. Organisasi terstruktur

Kelompok adalah unit sosial yang ditandai sejumlah individu yang memiliki status, hubungan peran, dan norma tertentu yang mengatur tingkah laku anggota kelompok ( Sherif & Sherif, 1959 ).

  1. Mutual influence

Dua atau lebih individu yang berinteraksi satu dengan yang lain dimana masing-masing anggota mempengaruhi satu dengan yang lain ( Shaw, 1979 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar