Jumat, 25 November 2011

Psikologi Internet

LEMBAGA PEMERINTAHAN INDONESIA (SISTEM PEMERINTAHAN RI)

ASPEK-ASPEK

WARNA Dalam sistem pemerintahan republik Indonesia, penggunaan warna kurang mencolok atau menarik. Itu dibuktikan dalam beberapa penggunaan warna saja, yaitu bendera Indonesia (merah putih) tetapi backgroundnnya hanya putih saja tidak ada warna lainnya. Sedangkan warna-warna seperti dalam background hanya foto-foto pemerintahan saja yang hanya berwarna tidak untuk background situs tersebut sehingga mengesankan biasa dan kurang menarik untuk di lihat secara keseluruhan.

CONTENT / ISI Lembaga pemerintahan ini berisi lembaga eksekutif mengenai wewenang presiden, terdapat 10 macam kementerian negara, penjelasan mengenai kementerian koordinator, secretariat jendral, inspektorat jendral, seketariat negara (fungsi setneg dan organisasi setneg), sekretariat kabinet (tugas pokok dan fungsi), organisasi seskab, lembaga pemerintahan non departemen (daftar LPND), kejaksaan RI, badan ekstra struktural (macam-macam BES), badan independent, tentara nasional Indonesia (tugas TNI), kepolisian negara RI, perwakilan-perwakilan, mahkamah konstitusi, dan badan pemeriksa keuangan (BPK).

KELENGKAPAN Secara garis besar lembaga pemerintahan ini cukup lengkap, karena menjelaskan bermacam hal yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan republik Indonesia.

PENGGUNAAN Hampir secara keseluruhan penggunaan dalam huruf lembaga pmerintahan

HURUF ini belum lah sesuai penulisan, karena masih menggunakan jenis huruf calibri, dan arial, berukuran antara 11-22.

LEMBAGA PERUSAHAAN (PT. PLN / PERSERO)

ASPEK-ASPEK

WARNA Secara keseluruhan tidak ada warna yang mencolok dalam lembaga perusahaan ini (PT. PLN / PERSERO), hanya warna kuning bagian luar, tiga garis biru bagian tengah, dan merah yang melambangkan bahwa itu listrik.

CONTENT / ISI Lembaga perusahaan ini (PT. PLN / PERSERO) berisi tentang visi, misi, moto, sejarah. Bagian atas terdapat beranda, pelanggan (pasang baru online, perubahan daya online, sambungan sementara online, pelayanan sosial, rumah tangga, bisnis, industri, kantor pemerintah & PJU), investor, media, suplier, tentang kami, unit PLN. Bagian sebelah kiri: tentang kami (profil perusahaan, struktur perusahaan, manajemen, bisnis PLN, inovasi, CEO note, unit PLN, PLN peduli. Serta di bagian kanan, ada website untuk share jika diperlukan.

KELENGKAPAN Secara garis besar lembaga perusahaan ini cukup lengkap, karena menjelaskan bermacam hal yang berkaitan dengan lembaga perusahaan.

PENGGUNAAN Walaupun penggunaan huruf agak kecil, namun masih dapat terlihat dan ter

HURUF baca dan terlihat dengan jelas

Analisis dan perbandingan fasilitas internet.

1. Email à Gmail vs Ymail

Untuk fasilitas Gmail, data yang ingin di kirim lebih banyak kapasitasnya, untuk membuka email atau sebelum login kita dihadapkan dengan aplikasi lots of space, less spam, dan mobile acsess. About gmail, new features, switch to gmail, dan create in account. Gmail juga bisa berbagi atau share ke aplikasi blogger, gplus, twitter, dan facebook. Ada juga menu tampilan lambat atau muat tampilan HTML biasa (untuk koneksi lambat). Setelah login dapat langsung terbuka sebelah kiri surat, kenalan, dan tugas. Dilanjutkan ke bawah ada inbok, dll, kalender. Dokumen, foto, sites, web, dan lainnya (grup, gambar, maps, terjemahan, buku, cendekia, blog, dan tanya jawab).

Sedangkan untuk Ymail, sebelum masuk atau sign in terlebih dahulu individu akan ditampilkan berbagai macam informasi yang update mulai dari musik, berita pernikahan, gaya hidup, permainan, adapaun fasilitas lain seperti Yahoo! OMG!, Yahoo! News, Yahoo! She, begitu juga dengan rekomendasi untuk ke beberapa tempat liburan yang menarik, hotel terbaik, Yahoo untuk bisnis anda ( solusi beriklan, beriklan di search, kirimkan situs anda), tentang Yahoo! (lowongan kerja, informasi perusahaan, bantuan, dan kirim masukan), adapaun layanan yahoo lain yaitu: address book, answer, game, group, mail, maps, messenger, mim, mobile, movies, news*, omg*, sport, shine, toolbar, video, flickr, internasional, yahoo!firefox, yahoo!IE8. Kita juga dapat mengakses saham, berita, bisnis, dan internasional, MITRA PILIHAN (tech life, sea games, berita BCA), dan masih banyak lagi tampilan sebelum kita masuk untuk login yahoo yang lebih menarik perhatian, selain itu juga untuk mendaftar tidak dipungut biaya.

2. Instant messaging à Ym / Gtalk / whatscape / digsly

3. Social network: FB vs G plus (G +)

FB (FACEBOOK), memudahkan seseorang untuk berinteraksi dengan yang lain, mudah digunakan, dan gratis mendaftar sampai kapanpun, dan menu atau aplikasi yang ditampilkan lebih banyak.

G plus (G +) à terdapat trending topic ( innovation, natural resources, energy, technology, social media, supply and demand, internet, utilities, dll), banyak hal yang didapat pada social network ini.

3. Pro kontra teknologi internet dan rekomendasi yang baik dan aman untuk anak dan remaja?

PRO: Pada zaman sekarang internet banyak sekali manfaat dan kegunaan internet, misalnya saja melalui aplikasi facebook, twitter, blackberry messenger, jingu, eBuddy Lite Messenger, uber social, snaptu, dll seseorang dapat kembali mengenal atau mendekatkan yang jauh dengan seseorang yang dekat dengan kata lain menjaga tali silaturrahmi yang telah lama terputus (lost contact) menjadi dekat kembali. Internet juga bermanfaat bagi di bidang pendidikan, yaitu dapat mencari segala macam informasi mengenai ilmu dan pengetahuan dalam sekejap apa yang dibutuhkan seseorang dapat langsung didapatnya.

Aplikasi di bidang pendidikan yang diberikan pada universitas Gunadarma seperti v-class, studentsite, dll yang memudahkan para mahasiswanya dalam mencari informasi. Didalam bidang kesehatan juga banyak memberikan informasi untuk ibu hamil bagaimana menjaga kandungan agar ibu dan bayi sehat dan selamat, mencari alternatif obat apa yang cocok digunakan agar menyembuhkan penyakitnya. Selain itu juga dapat mencurahkan segala macam curahan hati, potensi, perasaan senang, gelisah, atau suasana hati apapun dapat dicurahkan melalui aplikasi blogger untuk meringankan bebannya secara mental maupun psikis.

Belakangan ini informasi mengenai bagaimana perkembangan sea games pun dapat dengan cepat seseorang dapat dengan cara membuka handphone saja. Apapun yang kita butuhkan dapat kita dapatkan melalui internet dengan sekejap dan instant. Bahkan bisa di bilang ada beberapa slogan untuk aplikasi wikipedia “saya tahu semuanya”, google “saya punya semua”, facebook “saya kenal semua”, terutama internet “tanpa saya kalian tidak bisa apa-apa”.

KONTRA: Banyak sekali kontra atau ketidaksetujuan yang banyak dikemukakan oleh banyak pihak, salah satunya internet dapat membuat seseorang lupa waktu, dengan semakin mudah dan murahnya mengakses internet seseorang dapat mengakses situs porno, dan yang ditakutkan oleh para kaum ibu bahwa anak mereka terjerumus karena internet tersebut, contohnya ketergantungan game online yang membuat anak lupa diri, atau justru sebaliknya para kaum ibu yang terkadang suka lupa akan kewajibannya terhadap keluarga atau mengabaikannya.

Tetapi janganlah keseluruhan kita salahkan kepada internet, tergatung bagaimana seseorang dapat menggunakannya sebagai kebutuhan kita ambil beberapa contoh kasus yang di kutip dalam http://tekno.kompas.com mengenai terorisme, pertama menteri komunikasi dan informatika, Tifatul Sembiring, menegaskan bahwa berkembangnya terorisme bukan semata-mata karena kemudahan akses informasi lewat internet. Menurutnya, orang-orang yang memanfaatkan internet untuk menyebarkan kekerasan dan hasutan yang harus mendapat perhatian serius. Terorisme itu adalah kesalahan orang memahami agama, bukan internet," kata saat menggelar jumpa pers 1st ICT USO Expo and Conference di Jogja Expo Center, Senin (26/9/2011). Menurutnya, tindakan teror juga tak sepenuhnya dampak hasutan di internet.

Tifatul mengatakan, internet hanya menjadi satu upaya sekelompok orang untuk menghasut pembacanya. Karena itu, pihaknya akan melacak situs-situs yang terindikasi melakukan penghasutan kepadaorang lain untuk melakukan tindak kekerasan. Situs yang terbukti melakukan kegiatan tersebut tidak segan-segan diblokir. "Ini sudah on progress," ujarnya. Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memblokir 300 dari 900 situs yang terindikasi menyebarkan kekerasan. Tifatul juga mengatakan, upaya pemblokiran ini merupakan satu cara untuk mencegah adanya penghasutan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, ia menegaskan tidak semua situs akan diblokir, melainkan hanya situs yang dianggap berbahaya saja.

Kedua, contoh kasus yang dikutip dari http://tekno.kompas.com, menyatakan bahwa karena keasyikan chatting lewat BlackBerry Messenger (BBM) memang sering menyita waktu dan membuat banyak orang yang lupa diri. Bahkan, bisa berakibat fatal kalau sampai membuat lalai dengan keadaan di sekitarnya. Di Baturaden, Banyumas, saat asyik ber-BBM, seorang ibu melalaikan bayinya sehingga tewas tertimpa bantal.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.45, saat bapak dari bayi tersebut pulang dari tempat kerja untuk melaksanakan shalat Jumat, ia mendapati sang bayi sudah lemas dan tak bersuara seperti biasa. Sementara sang ibu tengah asyik menggunakan BlackBerry-nya di ruang tamu. Seketika itu juga sang bapak melarikan bayinya ke klinik untuk memeriksakan keadaan bayinya. Namun malang, bayi itu sudah tidak bernyawa lagi walau masih terasa hangat. Hasil pemeriksaan dokter, jantung bayi itu tak lagi berdetak, tidak ada suara paru, serta dipastikan pupil dari kedua matanya yang sudah melebar atau midriasis dan tidak adanya refleks cahaya dari pupil mata itu. Ini adalah salah satu tanda pasti kematian karena rileksnya otot siliaris pupil dalam bola mata.

Saat datang ke klinik kami, bapak ini membopong bayinya didampingi sang ibu yang masih menggenggam BlackBerry-nya itu. Setelah dokter menjelaskan semua keadaan yang ada, spontan sang bapak merampas BB istrinya itu dan melemparkan ke tembok klinik hingga hancur berantakan. Cerita miris tersebut langsung mendapat banyak tanggapan. Hanya dalam hitungan jam sejak diunggah sekitar pukul 12.00, tulisan itu sudah dibaca lebih dari 60.000 kali dan ada 75 komentar sampai pukul 22.00. Rata-rata dari komentar itu mengingatkan kembali kepada semua orang agar tidak lalai menggunakan teknologi. Ada yang menyalahkan sang ibu.

Tetapi, ada juga yang tetap bersimpati dengan peristiwa yang menimpa keluarga tersebut. Bagaimana trauma psikologis sang ibu saat disalahkan oleh suami sebagai penyebab kematian anaknya. Di antara pembaca, ada pula yang menyangsikan cerita ayah korban, bahkan menuding sebagai hoax karena tidak disertai rincian lokasi kejadian dan korban. Namun, menurut ayah korban menjadi hak tempatnya bekerja untuk merahasiakan data pasien, kecuali untuk kepentingan penyelidikan hukum.

Ketiga, dikutip juga melalui situs yang sama menyatakan bahwa Perempuan semakin banyak yang menggunakan internet. Tidak diragukan lagi perempuan makin menyukai dunia internet seiring semakin majunya dunia internet itu sendiri dan teknologi untuk mendapatkannya. Pada tahun 2010, 46 persen pengguna pengguna internet di seluruh dunia adalah wanita, angka ini tidak berbeda jauh dengan kaum pria. Bahkan tahun ini dengan makin majunya social media seperti facebook, angka kepesertaan perempuan dalam menggunakan internet dipercaya akan semakin naik. Data terakhir menunjukkan perempuan terutama di social media melebihi jumlah laki-laki, bahkan yang paling banyak mengakses social media dengan ponsel adalah perempuan.

Jumlah 46 persen pengguna internet perempuan tersebut tersebar di berbagai kawasan dengan persentase yang berbeda-beda. Di Asia Pasifik, 42,4% pengguna internet adalah perempuan, sedangkan di Eropa angkanya mencapai 47%. Di Amerika Utara dan Amerika Latin kepesertaan perempuan berada di angka 50,4% dan 48,1%. Lebih jauh negara-negara seperti Singapura, Amerika Serikat, Kanada, dan Selandia Baru memiliki pengguna internet perempuan yang lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Namun di Indonesia dan India, pengguna internet perempuan masih sangat sedikit di tahun 2010 yang lalu (sekitar bulan Juni), yaitu hanya 35% di Indonesia dan 28% di India. Namun demikian saya percaya di tahun 2011 ini angka ini akan naik sangat signifikan karena sekarang Indonesia merupakan pengguna Facebook terbesar kedua di dunia dan India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna Facebook tertinggi di tahun 2010 yang lalu.

Dari statistik yang dirilis oleh Comscore.com diperoleh bahwa perempuan menghabiskan waktu lebih banyak di internet dibandingkan dengan laki-laki, yaitu rata-rata 24,8 jam untuk perempuan dan 22,9 jam untuk laki-laki. Tentu menjadi hal yang menarik untuk diketahui apa saja yang dikerjakan perempuan ketika sedang berinternet tersebut dan apa pula yang dilakukan laki-laki. Apa yang mereka lakukan? Apakah chatting, mencari dokumen, mengirim e-mail atau sekedar browsing yang tak jelas tujuannya?.

Dari hasil statistik dari 40 negara di dunia di tahun 2010 yang lalu, ternyata apa yang menjadi favorit perempuan dan laki-laki sewaktu berselancar atau menggunakan internet berbeda. Dari data tersebut, 16,3 % perempuan menggunakan waktu di internet untuk bersocial networking, sedangkan laki-laki hanya 11,7 %. Indeks yang ada di samping angka persentase tersebut di atas menunjukkan besarnya waktu yang digunakan, dengan semakin besar indeks, waktu yang digunakan untuk suatu kegiatan tertentu dalam berinternet semakin besar.

Data tersebut juga memperlihatkan bahwa dalam tiga kategori yang bisa dimasukkan ke sosial media, yaitu social networking, instant messengers, dan email, perempuan mengungguli laki-laki. Ketiga kegiatan ini menghabiskan waktu lebih dari 35% waktu yang digunakan peempuan dalam berinternet. Bahkan di Amerika Utara, 9 dari 10 perempuan yang menggunakan internet mengunjungi social media, sebuah angka yang sangat tinggi.

Sementara kaum laki-laki lebih tertarik kepada kegiatan mencari direktori atau sumber (mungkin mendownload film, lagu, buku dan video), pelelangan, dan bisnis. Bila kita tinjau lebih jauh apa yang menjadi hal yang penting bagi perempuan dan laki-laki dalam berinternet dapat kita lihat bahwa kebanyakan topik yang banyak menarik perhatian perempuan di internet tidak jauh dari yang disukai oleh perempuan umumnya seperti parfum, bunga, Gifts and Greetings, dan hewan peliharaan. Bagi laki-laki lebih menyukai community-food, family and parenting, apparel dan seterusnya.

Bila dilihat apa saja yang dibeli oleh laki-laki dan perempuan, terutama di Amerika Serikat, hal ini kembali menegaskan bahwa perempuan memang sangat suka dengan keperempuannya sehingga membeli barang yang tidak jauh-jauh dari hal tersebut. Kebanyakan perempuan AS (71%) membeli apparel and accessories, sedangkan laki-laki hanya 29%.

Jika dilihat dalam satu situs tertentu seperti twitter, laki-laki lebih condong untuk men-tweet, tweet yang ia buat sendiri, sedangkan perempuan menggunakan twitter untuk menfollow selebritis dan menemukan penawaran dari suatu produk serta menjadikan Twitter sebagai media percakapan. Jelas sudah, walau sama-sama mengakses internet, ternyata perempuan dan laki-laki memiliki selera yang berbeda dalam menentukan konten apa yang menarik bagi sebagian besar mereka. Perempuan memang lebih suka bersosialisasi, membeli dan mengikuti topik yang erat hubungannya dengan kaum perempuan, sedangkan laki-laki lebih kepada pengetahuan, berita, forum dan membeli barang yang dekat dengan karakteristik mereka seperti komputer dan gadget.

Dengan mengetahui kecederungan pemakain internet perempuan dan laki-laki ini, bagi pemasar yang aktif dan pandai akan memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan berbagai produk yang disukai masing-masing gender tersebut. Dengan kecenderungan makin populernya social media dan semakin banyaknya perempuan yang menggunakannya, pemasar hendaknya juga menggunakan media ini untuk mendekati perempuan dan mengenalkan produk kepada mereka secara lebih personal.

Jadi pro dan kontra internet adalah jangan salahkan internet jika seseorang dapat lupa waktu atau menjadi pribadi yang cuek dan tidak teratur. Seseorang cenderung menyalahkan internet karena internet sangat mudah untuk aplikasnya atau untuk mengaksesnya. Padahal justru tergantung dari bagaimana individu itu menggunakan atau menempatkannya sesuai kebutuhan bukan malah dijadikan hobi yang berlebihan. Pemanfaatan internet yang baik untuk anak dan remaja adalah dijadikan aplikasi di bidang pendidikan untuk mencari ilmu dan pengetahuan, bukan malah menjadikan internet sebagai sarana media bermain sehingga menyebabkan anak atau remaja tersebut menjadi ketergantungan internet. Peran orang tua juga sangat penting, yaitu melalui cara penempatan komputer tidak pada kamar anak atau remaja bisa di luar kamar atau ruang tamu, selalu mengawasi anak ketika menggunakan internet, dan membatasi waktu anak atau remaja ketika mengakses situs-situs apapun.

Sumber:

http://www.pln.co.id/?p=102

http://www.metrodata.co.id/profile/index.as

http://www.ptppa.com/

http://www.indonesia.go.id/

http://tekno.kompas.com/read/2011/09/26/22004041/Terorisme.Berkembang.Jangan.Salahkan.Internet

http://tekno.kompas.com/read/2011/01/23/12503713/Perempuan.Lebih.Dominan.di.Internet

http://tekno.kompas.com/read/2011/09/30/2214196/Ibu.Asyik.dengan.BBM..Bayi.Meninggal.Tertimpa.Bantal

Nama: YULIE RIZKI UTAMI

Kelas: 4PA06

NPM: 10508245

PSIKOLOGI DAN INTERNET